Sunday, 11 October 2009

Pulsa murah bicara tentang kelemahan MLM Pulsa

Mungkin anda bingung kenapa saya berkata seperti ini. Pemilik MLM Pulsa tidak lebih dari pemilik jasa kios pulsa elektrik yang merancang system supaya pulsanya terjual banyak. Dia memanfaatkan ketidaktahuan masyarakat akan sistem pulsa elektrik, khususnya ketidaktahuan masyarakat bahwa pulsa elektrik bisa membuka sub-agen untuk menambah penghasilan.

Perhatikan penjelasan sederhana berikut ini:
Sebut saja si Yamin berniat mendirikan perusahaan MLM Pulsa, maka yang dia lakukan adalah mengambil pulsa dari provider. Seumpama pulsa As10 berharga Rp.9.900, maka dipasangnya dulu keuntungan buat dirinya, sehingga harga As10 menjadi Rp.10.000. Apakah ini harga yang dilepasnya ke pasar MLM nantinya? Tentu bukan, dia menambahkan dulu harga yang akan dibagi-bagi ke upline nantinya. Jadi harganya mungkin menjadi Rp.10.800.

Kekurangajaran pertama pemilik MLM pulsa:
Jika harga pulsa 10 ribu di kota anda adalah Rp.11.000, maka keuntungan anda Cuma Rp.200. Sementara dengan pulsa elektrik pulsa anda bisa memposisikan diri sejajar dengan si Yamin dan mendapatkan keuntungan Rp.1000 per penjualan.
Jadi jika kita mencatat 20 penjualan perhari, penghasilan kita sebagai MLM pulsa Cuma Rp.4000, sedangkan sebagai pulsa elektrik adalah Rp.20.000. Penghasilan pemula MLM Pulsa cuma bisa buat beli gorengan, sedangkan penghasilan pemula pulsa elektrik bisa buat beli nasi dan lauk pauknya, atau gorengan buat 5 orang atau 2 bungkus Marlboro buat yang merokok.

Tapi, jika saya berkata demikian...pasti pemiliknya akan berkata seperti ini ke jaringannya...”Memang usaha MLM Pulsa bukan untuk mencari penghasilan yang besar tapi untuk membangun aset” dan itulah kekurangajaran yang kedua.

Kekurangajaran kedua pemilik MLM Pulsa:
Mereka menutupi fakta bahwa dengan pulsa elektrik anda juga bisa membangun aset. Bukankah saya sudah katakan bahwa pemilik MLM Pulsa tadi tidak lebih dari pemilik kios pulsa murah elektrik? Artinya pulsa elektrik bisa dibangun menjadi aset, benarkan? Di pulsa elektrik anda bisa membuka sub-agen. Dan dari setiap penjualan sub-agen anda bisa mendapatkan Rp.100. Jika dari MLM Pulsa, paling anda mendapat Rp.10-50/penjualan Downline anda.
Jika anda mempunyai 110 subagen di MLM Pulsa, berapa penghasilan anda? Pasti masih receh! Sedangkan di pulsa elektrik anda sudah bisa mendapatkan penghasilan sekitar Rp.7,2 juta (baca di sini). Sudah bisa buat dapur kita mengepul. Anda mau bakar dapur anda sekalian juga bisa, toh anda punya uang untuk membangunnya kembali.
Jika 110 subagen bisa memberikan anda penghasilan sekitar Rp.7,2 juta. Buat yang sudah jadi leader di MLM Pulsa, silahkan hitung jumlah downline anda dan kalikan dengan Rp.60.000 (20 penjualan/hari). Itulah keuntungan anda. Jika anda punya 500 downline, maka keuntungan anda adalah Rp.30.000.000. Apakah itu keuntungan anda sekarang?
Soal aset di masa depan, apakah 110 atau 500 sub agen itu bukan aset? Jika anda punya income 30 juta anda bisa bayar orang untuk menjalankan bisnis anda secara profesional (merekrut karyawan). Biar mereka yang mencari subagen baru, gampangkan? Aset bukan sesuatu yang harus dibawa susah. Semakin susah pikiran anda, semakin susahlah aset itu.

Kekurangajaran ketiga pemilik MLM Pulsa:
Meskipun dia tahu fakta di atas, dia tetap memotifasi jaringannya agar tetap sabar dan kosisten bekerja. Kenapa harus sabar kalau memang bisa cepat? Member MLM Pulsa seperti kuda yang dipasangi kacamata agar tidak bisa lari kekanan kiri, karena melihat rumput segar di sekitarnya. Mereka terus berjalan, karena dijanjikan rumput (hampir layu dan kering) di kandang.

Kekurangajaran keempat pemilik MLM Pulsa:
Selalu menuliskan penghasilan milyaran pada proposal bisnisnya, padahal angka itu baru bisa dicapai jika member sudah mencapai jutaan. MLM Pulsa dinegeri ini ada beberapa dan semuanya berebut pasar pemakai HP yang sekitar 80-100 juta orang di negara ini. Anggap saja butuh 4 juta orang untuk mencapai penghasilan milyaran, maka hanya akan ada 20-25 orang yang mencapai posisi yang dijanjikan itu.
Ada juga penghasilan Milyaran yang bisa didapatkan jika perlu keseimbangan. Kemudian mereka akan membius membernya dengan berkata, coba bayangkan, walaupun hanya seimbang 10% saja, kamu sudah punya penghasilan tambahan ratusan juta. Membernya kaget! Tidak sadar bahwa penghasilan itu Cuma sekali, dan fakta membuktikan bahwa membuat jaringan MLM seimbang itu sangat sulit, karena semakin ke bawah semakin beragam orangnya. Silahkan baca majalah bisnis. Anda pasti akan tahu bahwa sudah sangat bagus jika jaringan anda 1% seimbang. Bagi MLM Pulsa yang mau membantah ini, silahkan saja....tapi untuk setiap kekecewaan yang terjadi pada member anda, dosanya ditanggungkan ke anda.

Kekurangajaran kelima pemilik MLM Pulsa:
Memamerkan mobil seolah-olah itu pemberian mereka kepada member berprestasi. Padahal mobil itu adalah hasil penjualan grup member yang disimpan di sistem mereka setelah mereka mengambil untung. Jadi mobil itu memang hasil penjualan member. Sudah member yang buat mereka kaya, member juga yang harus berterimakasih kepada mereka, karena dikasih mobil. Jika anda bisa mendapat mobil di MLM Pulsa, anda juga bisa mendapatkan mobil yang jauhhhh lebih mewah di kios pulsa elektrik jika anda menjalankannya dengan sama kerasnya. Dengan kata lain jika mobil yang anda inginkan Cuma mobil yang sederhana, itu bisa sampai lebih cepat ke garasi rumah anda.

Kekurangajaran keenam pemilik MLM Pulsa:
Mereka memasang harga pendaftaran yang tinggi. Bisa mencapai Rp.200.000. Alasannya adalah member akan diberikan starter kit, kartu member dan mungkin replika website, atau website dengan ID member. Starter kit dan kartu member tidak seberapa harganya, apalagi Cuma replika website. Teman saya mengatakan bahwa replika website itu sangat mudah dibuat dan murahhh banget, bahkan jika memanfaatkan jasa yang gratis, maka gratis.
Member MLM Pulsa selalu dibius dengan kalimat “Anda bisa presentasi On-line dengan mengajak orang mengunjungi website anda”. Orang yang diundang ke website kita itu bukanlah pengunjung tertarget. Bukan orang yang memang sedang mencari usaha pulsa apalagi pakai embel-embel MLM pulsa. Pengunjung tidak tertarget sangat kecil peluangnya berubah menjadi konsumen. Sekali lagi....lebih susah jika pakai embel-embel MLM. Jangankan on-line, anda muncul langsung didepannya presentasikan angka milyar juga belum tentu gabung.
Yang benar adalah uang pendaftaran itu dipakai untuk membayar bonus kepada yang merekrut anda, dan dana operasionalnya dia. Padahal untuk menjalankan usaha pulsa, sama sekali tidak diperlukan uang pendaftaran.

Kekurangajaran ketujuh pemilik MLM Pulsa:
Membanggakan badan hukum usaha miliknya padahal tidak jelas apa gunanya. Menjamin bahwa bukan penipuan? Padahal 6 poin di atas sudah menjelaskan bahwa member MLM Pulsa sudah tidak diberitahukan kenyataan yang sebenarnya. Keringat mereka diperas padahal uangnya disedot ke atas.

Rasanya sudah cukup saya menjabarkan apa yang tidak diketahui oleh member MLM Pulsa. Silahkan baca artikel saya yang berjudul pulsa elektrik modal 500 ribu bisa menghasilkan keuntungan warnet bermodal Rp.50 juta... Supaya anda lebih jelas apa yang saya maksudkan di sini. Terima Kasih sudah membaca tulisan ini.

1 comment:

suryadewa said...

met siang gan.. maaf td pagi saya masih tidur hehe jd bisa berkunjung siang ini.... hmmmm aq abis baca post ini nih... aq baru tau nih