Friday, 25 February 2011

Info Pulsa Elektrik: Sony NGP vs Nintendo 3DS, Siapa Yang Lebih Unggul?

Perang besar antara dua konsol game portabel ternama, Sony NGP dan Nintendo 3DS akan berlangsung tahun ini. Dua konsol gaming asal jepang ini akan diluncurkan dalam waktu dekat, namun yang manakah yang tepat untuk anda?

Bila melihat spesifikasi intinya terdapat perbedaan poin dan daya tarik yang jelas antara kedua konsol gaming tersebut. Apa yang diketahui dari Sony NGP (Next Generation Portable) adalah spesifikasinya yang tinggi, prosesor ARM Cortex A9 quad core, memperluas fitur jejaring sosial berdasarkan loksasi, layar beresolusi 960x544, area multi touch di bagian belakang, grafis yang memukau, dual thumb stick, serta layar besar 5 inci membuat permainan game seperti pada Sony PS3 sesungguhnya.

Sebaliknya Nintendo 3DS terlihat tidak berminat mengejutkan konsumen dengan prosesor yang cepat dan grafis yang memukau. Konsol game portabel ini terlihat konsisten menargetkan ke pengguna / gamer casual untuk memainkan produk terbaru Nintendo tersebut. Kelebihan utamanya terletak pada efek tampilan 3D yang dapat dilihat tanpa menggunakan alat bantu. Meski prosesor nya juga jauh lebih cepat daripada pendahulunya, namun Nintendo 3DS masih memiliki kekurangan untuk urusan konektifitas dibanding Sony NGP, terutama untuk 3G dan GPS.

Dengan perbedaan yang mencolok itu, sudah pasti pasar konsumennya akan berbeda bukan. Pertanyaannya konsol game portabel mana yang kira-kira akan lebih diminati? Banyak yang beranggapan konsol game portabel tidak perlu diberikan game berat dengan grafis yang baik, yang penting permainannya seru dan mudah dinikmati. Namun bagi pecinta game berat dengan tampilan grafis tentu tidak setuju dengannya dan memilih untuk bermain game favoritnya dimanapun dia suka.

Apapun itu, sepertinya perang sengit antara Nintendo 3DS dan Sony NGP akan memasuki babak baru di tahun ini. Berikut adalah 23 judul game Nintendo 3DS yang akan menemani peluncurannya tanggal 27 Maret mendatang: