Sunday, 27 February 2011

ITB Gelar Lomba Rancang Pabrik

Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HIMATEK) ITB mengadakan Lomba Rancang Pabrik Tingkat Nasional (LRPTN) ke XII. Lomba ini merupakan sebuah kompetisi rancang pabrik yang mengangkat tema dan isu aktual dalam dunia industri. Hingga kini, LRPTN telah diselenggarakan sebanyak 11 kali sejak 1996.

LRPTN XII mengangkat tema 'Pemanfaatan Sumber Daya Alam Indonesia sebagai Upaya Peningkatan Ketahanan Pangan dan Energi Nasional'. Selain lomba rancang pabrik itu sendiri, LRPTN XII memiliki rangkaian acara pre event. Salah satunya adalah pelatihan rancang pabrik (PRP) gelombang II pada Sabtu (5/2). Sebelumnya, pelatihan rancang pabrik gelombang I dilaksanakan pada Sabtu (15/1) kemarin.

Acara yang diselenggarakan di Ruang X-316, Labtek X ITB ini diisi oleh Ir Boi Sormin, Senior Process Engineer PT Rekayasa Industri dengan diikuti oleh 77 peserta. Para peserata itu berasal dari ITB, UI, ITI, ITENAS, UNPAR, UNPAD, IST Al-Kamal, KAUS (Arab Saudi), BPPT Indonesia, dan UNDIP. Yang menarik, acara ini tidak hanya diikuti oleh mahasiswa baik peserta LRPN maupun non peserta, tapi juga diikuti beberapa insinyur muda dari BPPT.

"Acara Pelatihan Rancang Pabrik yang merupakan inovasi baru dalam rangkaian acara LRPTN XII, diharapkan dapat memberikan wawasan baru mengenai perancangan pabrik langsung dari kalangan perusahaan EPC (Engineering, Procurement, and Construction)," kata Ivan Hadinata (TK’07) selaku Ketua LRPTN XII, kemarin (7/2).

Boi Sormin menjelaskan, orientasi plant desain dan orientasi plant operation untuk membuka wawasan umum peserta mengenai perancangan pabrik. Orientasi plant desain ini meliputi kebutuhan utilitas (air, listrik, steam, udara, dan lainnya), kapasitas pabrik (ton per tahun), serta kebutuhan lahan sebagai dasar perancangan pabrik. Pengadaan bahan baku, penanganan produk, pengadaan kebutuhan bahan kimia, kebutuhan surface water, dan penanganan limbah dibahas kemudian pada sesi orientasi plant design.

Salah seorang peserta pelatiahan dari unit bioteknologi BPPT, R Ahmad F ST MSi memberikan tanggapan positif mengenai kegiatan ini. “Pelatihan rancang pabrik ini sangat bagus bagi mahasiswa serta membangkitkan memori perancangan pabrik bagi akademisi teknik kimia. Untuk lebih ke depannya pelatihan ini harus lebih bersifat praktis melibatkan studi kelayakan, dan lain-lain,” ungkapnya.

Selain pelatihan rancang pabrik, panitia LRPTN XII masih menyiapkan berbagai rangkaian acara LRPTN lain, yaitu Kompetisi Esai Mahasiswa dan Pelajar (Maret 2010) dan Main Event LRPTN XII yang terdiri dari Expo dan Grand Final pada April 2011 mendatang. Acara grand final ini akan memperebutkan hadiah total hingga Rp 47 juta.


Pencarian Terkait:
Pulsa elektrik, Pulsa elektrik cari agen, Pulsa elektrik termurah, Provider pulsa elektrik satu chip semua operator, Provider pulsa elektrik transaksi cepat, Bisnis Pulsa Elektrik