Saturday, 26 February 2011

Kinerja Turun, Menteri BUMN Minta Telkom Benahi Telkomsel

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Kementerian BUMN meminta manajemen PT Telkom Tbk melakukan evaluasi anak perusahaannya, PT Telkomsel terkait dengan penurunan kinerja perusahaan tahun 2010.

"Saya meminta manajemen Telkom untuk segera membenahi diri termasuk anak perusahaannya Telkomsel," kata Menteri BUMN Mustafa Abubakar, pada acara "Outlook BUMN 2011," di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat.

Menurut Mustafa, pada tahun lalu (2010) kinerja keuangan perusahaan jasa telekomunikasi tersebut baik pada induk (Telkom) dan anak perusahaanya mengalami penurunan. "Ada 'domestic lost' sekitar Rp3 triliun," katanya.

Ia menjelaskan, kurang bagusnya kinerja perseroan tercermin dari kecenderungan penurunan harga saham Telkom di pasar saham. Untuk itu, selaku kuasa pemegang saham Telkom pihaknya meminta melakukan pembenahan struktur organisasi pada Telkomsel.

"Ada kendala pada struktur organisasi, hanya dengan 5 pos direksi tidak mewadahi lagi pertumbuhan usaha bisnis Telkomsel yang begitu besar," tegasnya.

Karena itu, ia menambahkan, Telkom pemegang saham mayoritas 65 persen dan Singtel pemilik saham 35 persen sudah bersepakat akan memekarkan jumlah direksi dari lima menjadi delapan.

"Dengan penambahan jumlah direksi mudah-mudahan pertumbuhan Telkom sebagai induk perusahaan kembali melonjak pada 2011," ujarnya. Meski begitu ia menuturkan, Kementerian BUMN hanya sebatas memberi arahan.

"Saya kira kita tidak bisa ikut campur, karena ini adalah anak perusahaan dan seharusnya menjadi kewenangan Telkom.
Saya hanya meminta manajemen baru segera membenahinya," katanya.


Pencarian Terkait:
Pulsa elektrik, Pulsa elektrik cari agen, Pulsa elektrik termurah, Provider pulsa elektrik satu chip semua operator, Provider pulsa elektrik transaksi cepat, Bisnis Pulsa Elektrik