Thursday, 24 March 2011

Berkunjung ke Jantung Operasi Telkomsel

Sekitar seratusan volunter Kompas MuDA dari berbagai kota di Indonesia berkumpul di Jakarta untuk merayakan puncak ulang tahun ke-4 Kompas MuDA yang digelar di Jakarta. Di sela-sela kesibukan mereka menyiapkan acara puncak yang jatuh pada Minggu (27/2/2011), mereka mengikuti kunjungan ke pusat operasi dan monitoring jaringan Telkomsel pada Sabtu (26/2/2011).

HUT Kompas MuDA yang diberi tajuk "MuDA Creativity 4th Anniversary, IT's About Us: Air Untuk Masa Depan" ini digelar Kompas MuDA bekerja sama dengan Aqua dan Telkomsel. Ulang tahun kali ini memang memfokuskan pada tema krisis air dan penerapan teknologi informasi.

Manager External Communication Telkomsel, Yanto Santoso mengatakan, pusat operasi dan monitoring atau Operation and Monitoring Center (OMC) ini merupakan sistem untuk memantau semua jaringan yang dimiliki oleh Telkomsel di seluruh Indonesia. "Jika ada gangguan atau kapasitas yang kurang, bisa langsung ditangani secara cepat," katanya.

OMC yang di Wisma Mulia merupakan pusat kendali dari seluruh Indonesia. "Ini untuk memudahkan kami memonitor seluruh jaringan BTS kami yang total ada 37.000 BTS, 7.000 di antaranya BTS yang didukung jaringan 3G, dan 916 di antaranya BTS 'go green' yang sudah menggunakan energi terbarukan seperti panel surya (solar cell) atau mikrohidro," katanya.

Dengan sistem monitoring yang terkendali, diharapkan jika ada gangguan sekecil apa pun bisa langsung diantisipasi. Semua sistem bekerja secara real time, dilengkapi dengan lampu indikator yang bisa menunjukkan status sebuah jaringan.

Manager National Community Program and New Segmented Telkomsel, Adam Achmad Fadilah menjelaskan, saat ini Telkomsel memang sedang konsentrasi untuk menggarap berbagai komunitas. Ada yang dengan memanfaatkan komunitas yang telah ada, ada pula dengan membuat komunitas di sekolah dan kampus yang kini dikenal sebagai Telkomsel School Community (TSC) dan Telkomsel Mobile Community (TMC).

"Hingga kini, anggota TSC sekitar 9 jutaan, sedangkan anggota TMC sekitar 1,9 juta, total hampir 11 juta-an," kata Adam. Di luar angka itu, masih banyak komunitas yang terjaring. Dengan data itu, ini semakin membuktikan bahwa komunitas adalah aset yang layak diperhitungkan untuk diberdayakan oleh semua pihak.
Sumber: http://megapolitan.kompas.com/

Pencarian Terkait:
Pulsa elektrik, Pulsa elektrik cari agen, Pulsa elektrik termurah, Provider pulsa elektrik satu chip semua operator, Provider pulsa elektrik transaksi cepat, Bisnis Pulsa Elektrik