Monday, 4 March 2013

Cara Mengembangkan Bisnis Pulsa Elektrik

Cara mengembangkan bisnis pulsa elektrik tentunya tidak berbeda dengan bisnis lainnya, anda harus melakukan perputaran modal dan perluasan pasar. Jadi selalu sisihkan sebagian dari keuntungan untuk menambah perputaran deposit anda. Setelah itu lakukan berbagai cara untuk menjaring lebih banyak pembeli.

Anda harus menambah besarnya nilai deposit ntuk mengembangkan usaha pulsa elektrik anda. Kenapa? Karena bisnis pulsa yang berkembang tentunya akan mendatangkan lebih banyak pembeli. Anda akan selalu kewalahan memenuhi permintaan pembeli jika anda tidak menambah besar deposit.

Mungkin yang menjadi pertanyaan saudara saat ini bagaimana caranya menambah jumlah pembeli pulsa anda? Ada banyak cara yang bisa ditempuh. Misalnya dengan membuat kios kecil dengan sebuah spanduk 1m x 1m bertuliskan "JUAL PULSA SEMUA OPERATOR".... Atau bisa juga dengan memparalelkan HP anda ke semua anggota keluarga. Sehingga anak bisa menjual di sekolah, sedangkan bapak dan ibu bisa menjual di tempat kerja.

Cara lain untuk menambah besar usaha pulsa anda adalah dengan mencari agen. Jika anda menentukan markup sebesar Rp.50, maka setiap penjualan dari agen anda akan mendatangkan keuntungan 50 rupiah untuk anda. Jika anda merasa nilai ini kecil, maka perbesarlah faktor pengalinya, yaitu jumlah penjualan pulsa agen. Jumlah penjualan pulsa agen akan bertambah seiring dengan pertumbuhan jumlah agen anda.

Bagaimana caranya menjaga agar pertumbuhan agen anda stabil? Tentu saja dengan menyediakan harga pulsa yang relatif murah dan stabil, dan yang terpenting pelayanan server haruslah lancar. Jangan sungkan untuk melayangkan komplain jika dirasa kualitas pelayanan menurun. Kita harus saling mengingatkan karena kualitas pelayanan adalah nafas hidup dari para agen pulsa dan server pulsa itu sendiri.

Sekarang buatlah sebuah perencanaan bagaimana cara anda akan mengembangkan bisnis pulsa elektrik ini melalui sistem keagenan.... Berapa pertambahan agen yang anda targetkan setiap bulan, berapa markup yang hendak diberikan, dan berapa lama target anda akan tercapai. Target terbaik untuk agen sebenarnya adalah anak sekolah dan orang kantoran, karena mereka berada dilingkungan dengan populasi yang besar.

Jadi jangan ragu mengajak keponakan, dan sanak saudara untuk mendaftarkan nomor HP mereka untuk berjualan pulsa. Bukankah ini bisa membantu uang jajan anak sekolah sehingga mereka tidak perlu lagi meminta uang dari orang tuanya?

Sekarang anggap saja anak sekolah itu mempunyai 100 teman dekat di sekolahnya, dan masing-masing temannya mengisi pulsa setiap 5 hari sekali, maka setiap hari akan ada 20 teman yang mengisi pulsa. Jika dia mengambil keuntungan 1000 rupiah, maka keuntungan per hari bisa 20.000 rupiah.

Fakta menyenangkannya adalah anak sekolah sering mengisi pulsa di bawah 5 hari sekali, karena mereka aktif chating, internetan, SMS, dan ngobrol.... entah itu untuk kepentingan sekolah atau pacaran. Jadi penghasilan di atas bisa lebih besar lagi.

Kalau mau penghasilan yang lebih besar lagi, maka perbesar deposit minimal hingga 200 ribuan, dan terima layanan hutang dulu dari teman anda. Jadi kalau anda mempercayai teman anda, silahkan beritahu mereka "kalau pulsanya habis dan kamu malas ke kios, SMS aku saja.....nanti saya isi, dan kamu bayar besok saja kalau ketemu di sekolah".... Tapi mengingat deposit yang terbatas, maka anda harus menetapkan bahwa hutang cuma berlaku untuk pulsa 5 ribu dan 10 ribu saja. Pulsa besar tidak bisa dihutangkan.....

Biasanya sistem hutang ini lumayan meningkatkan penjualan anak sekolah, karena mereka banyak yang malas untuk berjalan keluar rumah hanya untuk membeli pulsa. Sebenarnya masih ada banyak cara mengembangkan bisnis pulsa elektrik saudara, jadi tinggal berpikir kreatif saja dan lakukan rencana yang sudah disusun....